Perkara No. 15/KPPU-L/2019

Dugaan Pelanggaran Pasal 5 dan Pasal 11 UU Nomor 5 Tahun 1999 terkait Jasa Angkutan Niaga Berjadwal Penumpang Kelas Ekonomi Dalam Negeri

Sidang Tanggal:

Majelis Hakim:

Ketua Majelis Hakim: Yudi Hidayat S. E., M. Si.

Majelis tdk lengkap karena Majelis dipanggil menteri

Kuasa Hukum:

  • Parulian Situmorang and Partner

Tidak mau memberi nama

  • Arthur Hedar and Partner

Pak Habibi.

Agenda Sidang

Keterangan Ahli dari Investigator: Pak Nur Isnin Istiartono

Sekretaris Dirjen Perhubungan Udara

Proses Sidang

Investigator        :               apakah ada regulasi yg mengatur ttg Tarif Niaga berjadwal kelas ekonomi?

Ahli                       :               Amanah 126 – 130 UU  No 1 Tahun 2009. Yaitu tariff atas dan bawah.

Kuasa Hukum     :               Interupsi, pertanyaan jangan meluas

Investigator        :               Bagaimana Kementrian menjembatani pasal 130 dg Tarif batas atas.

 Kuasa hokum    :               Ada formulasi utk menentukan tarif batas, dengan mendengar banyak pihak.

Investigator        :               Apa Filosofi batas atas. Untuk melindungi konsumen dan badan usaha dari

kompetisi tidk sehat yang berkaitan tariff. 

Investigator        :               Apakah pemerintah membuka ruang persainan usaha?

Ahli                        :               Lebih pada perlindungan konsumen, sehingga ada revisi denan membuat tariff

batas bawah untuk melindungi dari persingan tidak sehat.

Investigator        :               Apakah tidak didiskusikan untuk menekankn single tarif?

Ahli                        :               Menyerahkan keadaan pada pelaku usaha, intervensi pemerintah seminimal

 mungkin, misalnyal TBA dan TBB. Dari 2 tarif batas  silakan dari variable yg ada

para operator melakukan servis. Sesuai nature para operator bisa mnyesuaikan

dan survive dg tetap menjamin apa yang diregulasi pemerintah basically safety

securuty services.

Investigator        :               Apakah TBA membatasi keuntungan maskapai.

Ahli                        :               Dg koridoe dan iklim yg ada itu masih bisa melakukan inivasi marketing dan

                                                operasi namun pada kondisi tertentu pemerintah dapat intervensi.

Investigator        :               Apakah TBA dapat dievaluasi?

Ahli                        :               Yaitu apabila Total Operating Cost (TOC) mempengaruhi 10% maka evaluasi thd

 TBA (dapat) namun ada factor lain juga.

Investigator        :               Apakah karena pengaruh 10% itu mempengaruhi keuntungan perusahaan.

Ahli                        :               Secara single berkaitan, tapi tidak secara langsung, Tidak sesederahana itu

karena banyak factor yang mempengaruhi keuntungan.

Investigator        :               Apakah tba membatasi keuntungan pelaku uasaha.

Ahli                        :               Dg koridor y ada masih bisa bisa inovasi oprating dan marketing dan membuka

 kemungkinan untuk revisi batas tsb.

Investigator        :               Pertimbangan evaluasi?

Ahli                        :               Beban operasi/TOC. Apabila mempengaruhi 10 persen maka evaluasi dan juga

 penyebab lain.

Investigator        :               Apakah strategi pemasaran dan persaingan itu yang diinginkan?

Ahli                        :               Pemerintah  memberi ruang.

Investigator        :               Apakah persaingan itu yg diinginkan? Pemerintah punya

 amanah agar konsumen diindungi dan usaha nasional juga kontinyu.

,

Investigator        :               Bagaimana signifikasi OTP (on time performance)?

Ahli                        :               OTP bagus mempengaruhi oprating cost, ada efisiensi disitu. Sehungga dari situ

                pemerintah menurunkan tari batas atas.

Investigator        :               Pedoman perubahan tba tbb. Apakah juga utuk menentukan perubahan adalah

 maksimal 10% dalam hal kurs?.

Ahli                        :               Banyak faktor yg mempenaruhi tentu ada ahli hitunnya. Kurs adalah salah

 satunya.  

Investigator        :               Apakah tariff atas dan bawah ini termasuk utk seluruh maskapai?

Ahli                        :               Utk niaga berjadwal domestic kelas ekonomi

Investigator        :               Apakah karena opratin cost suatu usaha itu naik maka kebijakan dapat direview

                                                atau harus dilihat secar keseluruhan industry atau per maskapai?

Ahli                        :               Pemerintah melihat agregat, tapi tidak membatasi pihak utk memohon.

Investigator        :               Terkait fenom naik harga tiket dari Nov 18 sd permen 20 tqhun 2019, apakah

                                                penurunan tba itu karena ada kenaikan itu?

Ahli                        :               Kita melihatnya karena ada efisiensi arline operasional.

Investigator        :               Instrument maskapai utk bersaing?

Ahli                        :               Banyak; leasing yg bagus, kondisi penerbangan dsb.

Investigator        :               Apakah harga tiket termasuk instrument bersaing?

Ahli                        :               Dalam kondisi sehat ,, itu utk menarik konsumen.

Investigator        :               Maskapai dapat inovasi dalam tba, apakah subclass juga termasuk dalam inovasi

itu?

Ahli                        :               Siap.

Investigator        :               apakah penilaian itu secara keseluruhan industry?

Ahli                        :               Ya

Investigator        :               Dari November 2018 sampai keluar permen yang baru ada kondisi yang luar

                                                biasa hingga airline menaikkan harga tiket?

Ahli                        :               Kami tidak sampai evaluasi apa yang menyebabkan, tapi selama instrument

                                                tidak dilanggar, pemerintah tidak akan masuk. Namun karena sebab tertentu ;

 perlindungan konsumen dan eisiensi maka kami dapat masuk   

Investigator        :               Apa yg menjadi instrument pelaku usaha bersaing:

Ahli                        :               banyak, sehingga cceptibilitas yang menentukan. contoh Leasing yg bagus, LCC.

Investigator        :               Apakah harga tiket menjadi instrument bersaing?

Ahli                        :               salah satu instrument adalah tariff.

Investigator        :               Apakah Subclass diatur pemerintah?

Ahli                        :               Jadi maskapai dapat mengatur sublass apa ja yang dapat diterapkan.

Investigator        :               Ada peningkatan otp. Apakah frekwensi otp ini menjadi syarat utk slot

                                                penerbangan berikutnya

Ahli                        :               sepemahaman ahli, ya. Otp menjadi IU.

Investigator        :               Bagaimana kondisi OTP seluruh maskapai. Apakah membaik?

Ahli                        :               Ada peningkatan.

Ivestigator          :               Apakah ada alasan utk mengurangi frekwensi oleh maskapai?

Ahli                        :               Banyak factor tergatung masing airline missal load factor. cth suatu daerah

 Cuma dilayanu 1 maskapai karena loadnya kecil. Lebih karena demand.

OTP itu kaitannya banayk. Fuel bandara.

Investigator        :               Bagaimana kondisi permintaan tiket pada periode November 2018 sampai Mei

 2019  ?

Ahli                        :               Peak season biasa terjadi di hari besar libur hari raya lebaran liburan anak

sekolah natal tahun bar. Data berkata Desember, tergantung turun naik ada

kurvanya .

Investigator        :               Tariff batas a berlaku utk seluruh?

Ahli                        :               Benar. batas atas a full service, medium, Subclass.

Investigator        :               Apakah dari jenis jenis itu tetap memperhitungkan laba? Apakah TBB tetap

memperhitungkan nilai keuntungan tetentu?.

AhI                         :               Tentunya iya. Filosofinya adalah ada melindungi dari persaingan tidak sehat.

Kuasa hokum.

Kuasa Hukum     :               Apakah yg menjadi indikasi efisiensi. Kedua kapan periode terjadinya?

Ahli                        :               Indicator: semakin tepat waktu semakin bagus. Atinya konsumsi berkait

 operasional, cyh fuel. Bila tepat waktu maka efisien. Karena dilihat efisiensinya.

 Itu terjadi di awal 2019 sd maret atau april. Sebelum ada

keputusan revisi peraturan.

Kuasa Hukum     :               Terkait PM 20 Tahun 2019 dl bab II pasal 2 poin abcd dasar tariff toc itu

komponen yg mana saj?

Ahli                        :               Semua.

Kuasa Hukum     :               Tuslah itu apa?

Ahli                        :               suatu biaya tambahan dalam kondisi tertentu misal delay barang.

Kuasa Hukum     :               apakah  fluktuasi bahanbakar menjadikan pemerintah melakaukan evaluasi.

Ahli                        :               Ya.

Kuasa Hukum     :               apakah pemerintah tidak mempertimbankan pelaku usaha dalam TBA.

Ahli                        :               TBA utk melinduni konsumen, TBB untuk menciptakan envirenmon sehat

 operator.

Kuasa Hukum     :               Apa sangsi dari pemerintah ttg TBA?

Ahli                        :               Daalam Permen ada sangsinya sampai denda adinistrasii.

Kuasa Hukum   :                Ps 1o uu penerbagan. Penerbangan dikuasai negara. Mengapa sangat penting

 hingga dikuasai negara?

Ahli                        :               Penerbangan ada aspek kedaulatannya. Penerbagan high echnology dan high

 risk menyamgkut securyrty. Yg namanya sarana adalah bsa bandar udara,

 navigasi, udara, prasarana juga rute.

Kuasa Hukum:                   Ada LDP ada surat Garuda ke menteri hub , dg adanya penurunan realisasi

 penurunan rencana. Dinyatakan sebagai bukti penurunan. Pembatalan rute

 dilakukan karena load factor sangat rendah. Ada rute yg belum diterbankan sama sekali karena rute terlalu jenuh, ada uga karena okupansinya rendah. Apakah alasan kami membatalkan izin rute menjadi alasan yang dibenarkan?.

Ahli                        :               Apabila alasannya acceptable maka boleh. Bila tidak realistis, maka ada sangsi.

A[abo;a izin diberikan maka menhub sudah tau alasannya.

Kuasa Hukum     :               Pertimbanagan untung rugi hanya semata mata bisnis atau apakah

pertimbanagan safety dan security juga menjadi alasan?.

Safety dan security adalah lebih utama disbanding service.

Kuasa hokum     :               Dg menunjuk 130 UU Penerbangan, apakah PM 14 tahaun 2016 apakah amanat

 UU? Ya.

Ahli                        :               Ya

Kuasa Hukum     :               TBB  apakah ditentukan berdasarkan dengan toc single flight?.

Ahli                        :               TBB itu untuk menjaga rendahnya harga. Dengan formulasi normal maka TBB

 adalah harga rugi. Keuntungan 10 % diraih bila load actor 65%

Kuasa Hukum     :               Apakah TBA adalah harga ecessive, apakah dipatok dengan ukuran bahwa

maskapai mendapat keuntungan yang sangat tinggi?

Ahli                        :               Lebih tepat dikatakan dengan Acceptable di semua pihak. Banyak factor missal:

leasing, maintenance.

Kuasa Hukum     :               Apakah artinya acceptable bagi konsumen?

Ahli                        :               Sudah diutara bahwa TBA melinduni konsumen.

Kuasa Hukum     :               Penerapan TBA oleh menhub sudah diitung sedenmikian rupa hingga

 penerapannya tdk merugikan konsumen?

Ahli                        :               Bila sudah disisusiksn denga pemeruntah dan stakeholder maka kami

menhgaharapkan tdk ada yag dirugikan.

Kuasa hokum     :               N0v 2018 sd mei2019, tba atau tbb diatur Permen 14 tahun

 2016?

Ahli                        :               Berlaku Permen 14 tahun 2016 .

Kuasa Hukum     :               Apakah pemerintah menhimbau penurunan tarif?

Ahli                        :               Yg saya pahami pernah menhghimbau agar airline mmperhtaikan kondisi

 masyarakat ibarat kata ada csr nya.

Kuasa hokum     :               Ps7 pm 14 tahun 2016 dikatakan dirjen ri dievaluasi setahun sekali atau ada yg

signifikan apakah masih relevan dg industry saat itu?

Ahli                        :               Setau saya ada unit yg monitor itu dan evaluasi serta aksi bila diperlkukan. Aksi

itu dapat merubah TBA.Perubahan signifikan yg apabila terjadi maka TBA TBB

setidaknya dapat diubah yaitu
a. terkait avtur

b terkait kurs dolar.

c. impact kurs

yg membuat impact 10% TOC.

Kuasa Hukum     :               Angka avtur 9729, apakah mrujuk pada bandara tertentu atau secara

 keseluruhan raa rata nasional.?

Ahli                        :               Detl tdk menguasai. Bila referensinya bila hanya satu bandara di cengkareng

maka utk  ketentuan perubahan signniikan maka kurang tepat. Saya kira tidak begitu karena tdk semua bandara sama.

Kuasa Hukum     :               Berkaiatan pegerakan avtur apa menhub punya data begitu juga kurs?

Ahli                        :               Saya tdk tau perish, tapi yakin ada menhub.

Kuasa Hukum     :               Apakah  signifikan kurs dolar bagi indistri?

Ahli                        :               Leasing pake us, spare part pake US tentu kurs sangat besar pengaruhnya.

Komponen pembayaran cukup signifikan mata uang asing.

Kuasa hokum     :               Apakah ahli mengetahui bagaiamana kondisi penerbangan pada umumnya  ?

Ahli                        :               saya tdk tahu mengetahui secara keseuruhan namun ada peningkatan secara

signifikan. PM 2016 disusun berdasar ekonomi 2016, pada taun berikunya tentu ada perubahan. 

Kuasa hokum     :               Apakah TOC meningkat apakah kemudian merupakan hak yg wajar bila tariff

mendekati TBA. Kenapa tariff ditentukan berdasar layanan? Y

Ahli                        :               Yg bisa dikurangi hanya layanan. Yg hanya concern tingi adalah safety dan

 security

kuasa hokum     :               Apakah menhub puntayadata ttg maskapai yg ada subclass. Sampai sekarang

masih ada subclass. Ada berapa rute sabang sape meroke. Yg komersil brapa?

Ahli                        :               Tidak tahu, tapi ada datanya.

Kuasa hokum     :               Apakah pemerintah pernah menghimbau utk membka rute ?

Ahli                        :               Seetulnya ada pemerintah dan bandara. Tugas ka bandara adalah emasarkan

 bandaranya. Dan pemerintah itu menhibau bahwa ada rute ke sana dan

masyarakat butuh. Airline ada soft openingngnya.

Kuasa Hukum     :               Apakah pemerintah pernah menhimbau membuka rute?

Ahli                        :               Tugas kabandara adalah memasarkan bandara spy ada penerbangan dan dari

Pemerintah bertugas memperkenalkan ada akses ke sana dan masyarakat

Butuh.

Kuasa hokum     :               Apabila rute pinagsore dihimnbau dibuka lalu dalam prakteknya dicoba dan tdk

 mendatagkan untungan lalu kirim surat utk dibatalkan?

Ahli                        :               tentu.

Kuasa hokum     :               apakah bandara yg saya sebutkan adalah badara yg ramai? Iskandar , renggani

sisingamanagaraja pinang sori Malikus sAleh Sultan Syarif sibolga?

Ahli                        :               Itu campuran.

Kuasa hokum     :               Itu adalah rute rute yang kami disurati. Asumsi yg digunakan utk menentukan

tba. Apakah mengetahui mekanisme harga yang menadi referensi sehungga

 angka tba muncul?

Ahli                        :               Saya tidak hapal, berkaitan dg TOC.

Kuasa hokum     :               Apakah asumsi yg digunakan pemerintah masih relevan?

Ahli                        :               Masih.

Kuasa Hukum     :               Adanya penurunan toc di awal 2109, apakah ada factor lain selain avtur?

Ahli                        :               Ya, berkaitan dg OTP.

Kuasa hokum     :               Terkait tbb dan tba. Apakah di luar peak sesason maskapai diperkenankan

 subclass harga tingi?

Ahli                        :               Selama dalam koridor maka boleh.

Kuasa hokum     :               Penerbangan diselengarakan dengan teratur dg harga yg wajar dan menghindari

praktik usaha tdk sehat. Harga yang wajar itu apa?

Ahli                        :               Accepted oleh berbagai pihak.   

Kusa Hukum       :               Terdapat keikutsertaan dari asosiasi penerbangan

                                                apakah amanah dari UU?

Ahli                        :               Ada musyawarh